Anda di ->Depan : Pusat Artikel : Unit Pelaksana Teknis : RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangkaraya : Profil RS
 
 
 Menu Utama
 
  Depan
      Sekapur Sirih: KALTENG
  Kategori Info
      Berita
      Bulletin Isen Mulang
      Pemberitahuan
      ASISTEN
      BADAN
      DINAS
      BIRO
      Unit Pelaksana Teknis
      Kantor Penghubung
      Opini Publik
      Good Governance
      KAPET KAKAB
      BULOG Kalteng
      Logo Asli Kalteng
      PERATURAN WEBSITE
      DIREKTORI APPSI
      STAF AHLI GUBERNUR
      PERATURAN
      TPKUPD (Keuangan)
      Masa Ke Masa
      Topographi
      Sosial Ekonomi
      Agama, Adat dan Budaya
      Fasilitas
      Pariwisata
  Gallery
  Forum
  Iklan
  Situs Lama
  Manual Situs
 
 
 
 
Hai Tamu! di sini tempat:
[Mendaftar] [Login]
 
 
 Jejak Bacaan
 
» Tiada Jejak Tercatat!
 
 
 Tampilan
 
Pilih tampilan
 
 
 Modul
 
XML - Sumber Berita
Ceritakan kepada teman Anda tentang situs ini
 
 
 Jajak Mingguan
 
Kalteng menjadi lokasi dunia untuk proyek perintis menjaga paru-paru dunia. Central Kalimantan has been become a world pilot project in protecting the LUNG OF THE WORLD.
 
Most agreable / Sangat Setuju
Agree / Setuju
Moderate / Kurang Setuju
Disagree / Tidak Setuju
Referensi Jajak/Poll Reference
Tampilkan Semua Polling Aktif
 
 
 Profil RS
 
  •  
  •  

Ceritakan kepada teman Anda tentang situs ini

 
Propinsi Kalimantan Tengah dengan ibukota Palangka Raya mempunyai luas 153.564 kilometer persegi dan terletak pada posisi 111 o Bujur Timur dan 0o 45' Lintang Utara  3o 30' Lintang Selatan. Secara Administrasi Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah terbagi menjadi 13 Kabupaten dan 1 Kota dengan 89 Kecamatan dan 1.338 Desa. 

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Doris Sylvanus merupakan rumah sakit milik Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah yang memiliki kapasitas 210 Tempat Tidur dan dalam melaksanakan tugas sehari-hari diatur dengan Peraturan Daerah Propinsi Kalimantan Tengah Nomor 11 Tahun 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Kelas B Non Pendidikan. Saat ini RSUD Dr. Doris Sylvanus telah mampu melaksanakan 13 pelayanan medik spesialisasi yaitu : Penyakit Dalam, Bedah, Anak, Kebidanan dan Kandungan, THT, Jantung, Saraf, Kulit dan Kelamin, Mata, Bedah Mulut, Kesehatan Gigi Anak, Anestesi dan Patologi Klinik. 

Terwujudnya keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Tidak hanya oleh perorangan,tetapi juga oleh keluarga, kelompok dan bahkan oleh masyarakat. Untuk dapat mewujudkan keadaan tersebut banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satu diantaranya yang dinilai cukup penting adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan (Blum,1974) Adapun yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan ialah setiap upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan,keluarga,kelompok maupun masyarakat. Agar pelayanan kesehatan dapat mencapai tujuan yang diinginkan, banyak syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut paling tidak mencakup sebagai berikut :
 
  1. Tersedia dan berkesinambungan Syarat pokok pertama adalah pelayanan kesehatan harus tersedia di masyarakat (available) serta bersifat berkesinambungan (continuous). Artinya bahwa semua jenis pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat Dapat diterima dan wajar Pelayanan kesehatan yang baik adalah yang dapat diterima (acceptable) oleh masyarakat serta bersifat wajar (appropriate). Ini berarti bahwa pelayanan kesehatan tidak bertentangan dengan keyakinan dan kepercayaan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang bertentangan dengan adat istiadat, kepercayaan, budaya masyarakat bukanlah suatu pelayanan kesehatan yang baik.
  2. Mudah dicapai Pelayanan kesehatan yang baik adalah yang mudah dicapai masyarakat (accessible).
  3. Mudah dijangkau Mudah dijangkau (affordable) maksudnya ialah dari sisi biaya. Dalam hal ini diupayakan supaya biaya pelayanan kesehatan sesuai dengan kemampuan ekonomi masyarakat. Pelayanan kesehatan yang mahal mungkin hanya dapat dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat, ini bukan pelayanan yang baik.
  4. Efisien serta bermutu Pelayanan kesehatan harus efisien (efficient) dan bermutu (quality) baik. Pelayanan harus memenuhi standard dan memuaskan para pemakai jasa pelayanan.
 
II.VISI, MISI, NILAI, TUJUAN, FALSAFAH, MOTTO, dan SASARAN.
 
Visi RSUD Dr. Doris Sylvanus : RSUD Dr. Doris Sylvanus menjadi Rumah Sakit Terbaik dan Pusat Rujukan di Kalimantan Tengah 2010.
Misi RSUD Dr. Doris Sylvanus : Meningkatkan Pelayanan yang bermutu prima.
Meningkatkan SDM yang profesional dan berkomitmen tinggi.
Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana.
Meningkatkan manajemen yang efektif dan efisien. Falsafah RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya adalah : Pelanggan atau pengunjung rumah sakit adalah insan sosial karena itu hak dan ketenteramannya harus dijamin dengan cara pelayanan yang bermutu dan santun. Nilai Dasar yang melandasi visi dan misi adalah kemanusiaan, kejujuran, kemandirian, adil merata dan manfaat. Keyakinan Dasar karyawan RSUD Dr. Doris Sylvanus adalah : Keyakinan bahwa keramahtamahan dalam pelayanan merupakan unsur utama. yang menggambarkan citra rumah sakit. Keyakinan bahwa mutu merupakan faktor penting demi kepentingan pasien. Keyakinan bahwa pelayanan sesuai prosedur akan memberi rasa aman bagi pasien. Keyakinan bahwa ilmu pengetahuan dan ketrampilan sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan. Keyakinan bahwa kritik yang membangun dari masyarakat akan ikut memacu kemajuan rumah sakit. Keyakinan bahwa setiap karyawan menjalankan tugas dengan disiplin dan rasa kejujuran yang tinggi.
Tujuan umum : Terwujudnya RSUD Dr. Doris Sylvanus sebagai rumah sakit terbaik dan pusat rujukan di Kalimantan Tengah. Tujuan Khusus : Menyediakan Standar Pelayanan dan Prosedur Tetap (SOP/Protap) diseluruh bidang pelayanan rumah sakit. Meningkatkan pendidikan dan pelatihan SDM rumah Sakit. Meningkatkan komitmen seluruh karyawan rumah sakit. Meningkatkan disiplin seluruh karyawan rumah sakit. Memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana rumah sakit. Memenuhi system informasi dan manajemen sesuai standar. Meningkatkan pemasaran social rumah sakit. Motto : BAJENTA BAJORAH yang artinya : Memberikan pelayanan dan pertolongan kepada semua orang dengan ramah tamah, tulus hati dan kasih sayang. Sasaran : Peningkatan kinerja rumah sakit. Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM. Peningkatan komitmen seluruh karyawan rumah sakit. Peningkatan kelengkapan sarana & prasarana rumah sakit. Peningkatan pemasaran social rumah sakit. Peningkatan unit bisnis strategis.
 
GAMBARAN UMUM
 
A.Organisasi RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangkaraya ditetapkan sebagai rumah sakit kelas B non pendidikan sesuai Perda No. 11 Tahun 1999, tanggal 17 Juli 1999. Namun kenyataannya secara operasional baru berjalan mulai 1 Mei 2001. Dari segi pemilikan rumah sakit milik Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah sedangkan dari segi tanggung jawab disebutkan bahwa secara tehnis direktur bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan sedangkan secara taktis operasional direktur bertanggung jawab kepada Gubernur Secara umum tugas rumah sakit yaitu melaksanakan pelayanan kesehatan dengan mengutamakan kegiatan penyembuhan dan pemulihan keadaan cacat badan dan jiwa yang dilaksanakan terpadu dengan upaya promotif dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan. Untuk melaksanakan tugas tersebut diatas maka rumah sakit mempunyai fungsi : Menyelenggarakan pelayanan medis ‚Menyelenggarakan pelayanan penunjang medis dan non medis ‚Menyelenggarakan pelayanan dan asuhan keperawatan ‚Menyelenggarakan pelayanan rujukan ‚Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan ‚Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ‚Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan Organisasi rumah sakit terdiri dari unsur pimpinan, pelaksana tugas pokok dan unsur penunjang pelaksana tugas pokok. Rumah sakit dipimpin oleh seorang direktur serta dibantu oleh dua orang wakil direktur namun pada kenyataannya sampai sekarang wakil direkturnya masih kosong.
 
B.Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam kegiatan pelayanan medik, RSUD Dr. Doris Sylvanus mempunyai tenaga dokter spesialis sebanyak 16 orang. Tenaga dokter Umum sebanyak 19 orang, dokter gigi sebanyak 4 orang. Sedangkan tenaga paramedis perawatan sebanyak 219 orang, tenaga paramedis non perawatan sebanyak 88 orang, tenaga administrasi sebanyak 79 orang dan tenaga honor sebanyak 109 orang. Bila dibandingkan dengan standar pelayanan medik untuk rumah sakit kelas B, tenaga dokter spesialis minimal telah terpenuhi, selanjutnya untuk lebih meningkatkan jenis pelayanan spesialistik pada waktu yang akan datang maka masih dibutuhkan tenaga spesialis Jiwa, Ortopedi, Rehabilitasi Medik dan Radiologi. Sedangkan jenis tenaga lainnyapun masih perlu ditambah guna meningkatkan pelayanan.
 
C.Pembiayaan
Untuk pengelolaan rumah sakit tahun 2004 dana didapat dari Anggaran Rutin (DIKDA) sebesar Rp. 23.320.340.000.-(dua puluh tiga milyard tiga ratus dua puluh juta tiga ratus empat puluh ribu rupiah), dengan realisasi sebesar Rp. 21.325.183.877.- (dua puluh satu milyard tiga ratus dua puluh lima juta seratus delapan puluh tiga ribu delapan ratus tujuh puluh tujuh rupiah). Dana Pembangunan/Proyek (DIPDA) tahun 2004 sebesar Rp. 4.000.000.000.- (empat milyard rupiah) dengan realisasi sebesar Rp. 3.726.302.900.- (tiga milyard tujuh ratus dua puluh enam juta tiga ratus dua ribu sembilan ratus rupiah), atau sama dengan 93,16 %. Penerimaan/Pendapatan rumah sakit sepanjang tahun 2004 adalah sebesar Rp. 7.453.903.395.- (tujuh milyard empat ratus lima puluh tiga juta sembilan ratus tiga ribu tiga ratus sembilan puluh lima rupiah), dari target pendapatan tahun 2004 sebesar Rp. 7.500.000.000.- (tujuh milyard lima ratus juta rupiah) atau hanya 99,39 %. D.Pelayanan
  1. Pelayanan Rawat Jalan terdiri dari 13 (tigabelas) Poliklinik yaitu : Jantung, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Paru, Kulit dan Kelamin, Syaraf, Penyakit Dalam, Gigi dan Mulut, Mata, Kesehatan Anak, Kebidanan dan Kandungan, Bedah, Jiwa dan Poli Pegawai.
  2. Pelayanan Rawat Inap terdiri dari 17 (tujuh belas) ruangan yang terdiri dari : Penyakit Dalam Pria, Penyakit Dalam Wanita, Kebidanan dan Kandungan, Bedah Pria, Bedah Wanita, Anak, Penyakit Paru, Syaraf-THT-Mata-Gigi dan Mulut, Perinatologi, Kelas Utama, VIP I, VIP II, VIP III, ICU, ICCU, NICU (Neurology Intensive Care Unit)dan Haemodialisa (ruang untuk cuci darah).
  3. Penunjang Pelayanan (Instalasi) terdiri dari : Gawat darurat (IGD), Farmasi, Patologi Klinik, Anestesi, Radiologi, Rehabilitasi Medik, Bedah sentral, Gizi, Pemeliharaan Sarana dan Sarana serta Kamar Jenazah.

 

 
 
 
 Artikel/Berita lainnya
 
  - LAKIP 2013
  - LRA 2014
 
 
 Komentar Pembaca
 

  KONFIRMASI by WELLY @ March, 16 2008 23:54 [balas komentar] [lapor]

Kepada

Yth.Direktur RS dr.Doris Sylvanus

Salam sejahtera,

Dengan ini saya akan menyampaikan tujuan saya untuk melakukan penelitian diRumah Sakit anda pada bulan april 2008,shubungn dgn pnyelesaian studi saya di Program Pasca Sarjana IKM-MMR UGM angkatan 2007. Harapan penuh saya mendapatkan dukungan dan sudi kiranya anda memberikan ijin.

Terima kasih atas situs yang tersedia,akses mudah yang sangat membanggakan akan transparansi profil RS.

Sekian,

Hormat saya,

Welly Harisuseno,S.Kep

  Mohon data angka kejadian di rumah sakit umum dr. Doris Sylvanus Palangkaraya by ELINE BINGAN @ September, 24 2008 21:51 [balas komentar] [lapor]

Yogyakarta, 24 September 2008

Salam sejahtera,

Dengan hormat Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Dengan ini saya mohon bantuan untuk bisa mengetahui data jumlah angka kejadian tahun 2007 di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya, khususnya ruang kebidanan, guna data ini adalah untuk membantu saya dalam pengerjaan penyelesaian study (Skripsi) D4 kebidanan saya di Poltekkes Yogyakarta, sebagai kerangka acuan latar belakang dalam skripsi saya.

Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

 
 
 
 
Kembali ke RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangkaraya
Kembali ke Depan
 
 
 Statistik Situs
 
Menu Utama Terbagi: [ 65 ] / Jumlah Artikel Dalam Kategori Info: [ 314 ]
Jumlah penyelia lokal terdaftar: [ 2055 ]
Total Pengunjung: [ 19751182 ] /  Pemakai online:  7  / informasi lanjut
 
 
 
 
Pemprov KaltengLama membuka halaman : [0,093750] detik
Gunakan Internet Explorer 6.0, Mozilla Firefox 1.5.0.7!
:: Manual :: Email Administrator ::