Anda di ->Depan : Berita : KEMAJUAN LPSE (LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK) KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
 
 
 Menu Utama
 
  Depan
      Sekapur Sirih: KALTENG
  Kategori Info
      Berita
      Bulletin Isen Mulang
      Pemberitahuan
      ASISTEN
      BADAN
      DINAS
      BIRO
      Unit Pelaksana Teknis
      Kantor Penghubung
      Opini Publik
      Good Governance
      KAPET KAKAB
      BULOG Kalteng
      Logo Asli Kalteng
      PERATURAN WEBSITE
      DIREKTORI APPSI
      STAF AHLI GUBERNUR
      PERATURAN
      TPKUPD (Keuangan)
      Masa Ke Masa
      Topographi
      Sosial Ekonomi
      Agama, Adat dan Budaya
      Fasilitas
      Pariwisata
  Gallery
  Forum
  Iklan
  Situs Lama
  Manual Situs
 
 
 
 
Hai Tamu! di sini tempat:
[Mendaftar] [Login]
 
 
 Jejak Bacaan
 
» Tiada Jejak Tercatat!
 
 
 Tampilan
 
Pilih tampilan
 
 
 Modul
 
XML - Sumber Berita
Ceritakan kepada teman Anda tentang situs ini
 
 
 Jajak Mingguan
 
Kalteng menjadi lokasi dunia untuk proyek perintis menjaga paru-paru dunia. Central Kalimantan has been become a world pilot project in protecting the LUNG OF THE WORLD.
 
Most agreable / Sangat Setuju
Agree / Setuju
Moderate / Kurang Setuju
Disagree / Tidak Setuju
Referensi Jajak/Poll Reference
Tampilkan Semua Polling Aktif
 
 
 KEMAJUAN LPSE (LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK) KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
 
  •  
  •  

Ceritakan kepada teman Anda tentang situs ini

  • Penulis: Herson Tamin
  • Di kirim oleh: admin
  • diserahkan: 4/11/2011 4:44:22 PM
  • Peremajaan terakhir: 11/04/2011 16:44:22
  • Di baca: 1649 kali
  • Jenis_isi: text/html (19498 Bytes = 0 * 1 MB + 19498 Bytes)
  • Bertempat di: Berita
KEMAJUAN LPSE (LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK) KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
 
Dengan wilayah yang amat minim infrastruktur dasar dan wilayahnya terluas ke tiga di Indonesia seluas 1,5 kali Pulau Jawa, Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah terus meningkatkan insfrastruktur sistem informasi di daerah ini. Di tingkat Provinsi, sistem informasi pengadaan barang / jasa yang disebut LPSE telah dimulai sejak tahun 2008, sebelum terbitnya Perpres 54 / 2010 tanggal 06 Agustus 2010.
 
1. Peresmian LPSE Kabupaten Kotawringin Barat di Pangkalan Bun
 
Dalam kondisi daerah yang sulit tersebut, perkembangan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Perpres 54 / 2010 tentang Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah terus bergulir. Pada tanggal 29 Maret 2011 pada pukul 10.30 WIB bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat di Pangkalan Bun, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kotawaringin Barat Drs. Muchtar (Kobar) memimpin peresmian / launching LPSE Kabupaten Kobar. Yang menarik untuk Kabupaten Kobar ini adalah bahwa Kabupaten ini sedang dalam kondisi sengketa hasil Pilkada yang berkepanjangan dimana putusan Mahkamah Konstitusi belum dapat dieksekusi.
Komitmen yang kuat para aparat dan Pemangku kepentingan Pemerintah Kabupaten Kobar beserta para pengusaha daerah dan masyarakatnya serta DPRD Kabupaten ini untuk melaksanakan LPSE memang sangat mendeterminasi kemampuan mereka melakukan launching LPSE tersebut. Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar Dra. Zainah dan Kepala Bagian Adminsitrasi Pembangunan Drs. Hermon, M.Si menyatakan setelah launching ini difasilitasi masa transisi selama satu bulan menuju kepada lelang perdana LPSE Kabupaten Kobar. Link LPSE Kobar adalah http://www.lpse.kotawaringinbaratkab.go.id
Setelah launching tersebut, dilakukan kunjungan ke fasilitas LPSE Kabupaten Kobar oleh para pejabat pemerintah Kabupaten Kobar bersama Ketua Komisi DPRD Kabupaten Kobar dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.
Kabupaten Kobar menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Tengah dari 14 Kabupaten / Kota di daerah ini yang melakukan peresmian LPSE Kabupaten. Disamping itu pula Kabupaten Kobar telah membentuk ULP yang akan menjadi bagian penting penyelenggaraan Perpres 54 / 2010 di daerah ini.
Launching LPSE di Provinsi Kalimantan Tengah akan secara simultan dilakukan dalam tahun 2011 ini, yang akan melakukan hal tersebut dalam waktu dekat adalah Kabupaten Kotawaringin Timur (Sampit) dan beberapa Kabupaten / Kota segera mengikutinya.
 
 
2. Peresmian LPSE Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit
 
Hari Jumat 8 April 2011, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Prov. Kalimantan Tengah, meresmikan terbentuknya Layanan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah Secara Elektronik (LPSE) di lingkungan Kabupaten Kotawarigin Timur. Peresmian dijadwalkan akan dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur Supian Hadi beserta Deputi Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Prof. Ir. Himawan Adinegoro, M.Sc, DFT, APU. 
 
Peluncuran atau peresmian LPSE di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan peresmian ke-200 di Indonesia dan kali ini akan diikuti oleh 430 undangan dari unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Kotawarigin Timur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala Dinas/Instansi/Unit se-Kabupaten Kotawaringin Timur, Camat se-Kabupaten Kotawaringin Timur, Unit Layanan Pengadaan se-Kabupaten Kotawaringin Timur, Pejabat Pembuat Komitmen se-Kabupaten Kotawaringin Timur, pejabat Eselon III di jajaran Pemkab. Kotawaringin Timur, LPSE Provinsi Kalimantan Tengah, Pemkab. Seruyan, Pemkab. Katingan, Penyedia Barang dan Jasa se-Kabupaten Kotawaringin Timur, serta organisasi pemuda/LSM/Organisasi Kemasyarakatan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.
 
Setelah sambutan dari Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur dan peresmian, dilanjutkan dengan paparan sosialisasi tentang Kebijakan dan Strategi Pengembangan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah melalui Sistem E-Procurement oleh Deputi Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, Prof. Ir. Himawan Adinegoro, M.Sc, DFT, APU. Diskusi akan dipandu oleh Asisten II Pemkab. Kotawaringin Timur, Drs. H.S. Lumban Gaol, MT. 
 
Pada kesempatan tersebut para peserta dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi tentang strategi pengembangan pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui sistem e-procurement.
 
Disadari bersama bahwa penerapan sistem LPSE merupakan implementasi dari kewajiban penggunaan sistem Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa, serta Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010.
 
Karena itu, pengadaan barang secara elektronik atau e-procurement telah menjadi salah satu kebutuhan penting guna mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam hal pengadaan barang/jasa pemerintah. Hal ini tak lepas dari harapan kita semua untuk turut mewujudkan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang bersih dari korupsi. Dengan demikian, dukungan dari semua pihak menjadi amat penting bagi terciptanya sistem pengadaan yang transparan dan akuntabel.
 
Dengan diselenggarakannya peluncuran LPSE di Kabupaten Kotawaringin Timur ini diharapkan seluruh stakeholder pemerintah daerah di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur, media massa, dan masyarakat pada umumnya memberikan dukungan, partisipasi, dan apresiasi bagi terlaksananya Perpres Nomor 54 Tahun 2010. Pada kesempatan ini, dengan dukungan semua pihak terkait, mari bersama-sama kita upayakan transparansi, akuntabilitas, serta kredibilitas dalam pengadaan barang/ jasa pemerintah di lingkungan Kabupaten Kotawarigin Timur.[]
 
LPSE Kab. Kotim, Kontak person: 0813 4900 3636 (Multazam Anwar, Pemkab. Kotim), 0813 8831 9906 Dimodifikasi dari oleh www.kalteng.go.id dari (Anom, Humas LKPP)
 
3. Dukungan LPSE Provinsi Kalimantan Tengah kepada Kab / Kota se Kalteng
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui LPSE Kalteng, terus menerus mendorong pembangunan LPSE Kabupaten Kota. Bahwa saat ini 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah telah bergerak serentak membangunan LPSE di masing-masing daerahnya.
Untuk daerah yang LPSE-nya belum online, provinsi memberikan hak akses kepada masing-masing apabila ingin menggunakan fasilitas lelang elektronik provinsi. Untuk itu kapasitas bandwith koneksi broadband LPSE Kalteng telah dinaikan dari 1,5 MB menjadi 6 MB dengan koneksi fiber optik untuk mengurangi dampak petir. Juga dioperasikan ruang training dengan kapasitas 32 PC untuk digunakan oleh Kabupaten / Kota dalam kegiatan training. Seluruh perwakilan aparat Kab / Kota dan sebagian vendor Kab / Kota telah menjalani training di LPSE Provinsi.
 
 
 
 
 
Tulisan Lain dari admin
 
 
 Artikel/Berita lainnya
 
  - LAKIP 2013
  - LRA 2014
 
 
 Komentar Pembaca
 

Komentar menunjukkan dedikasi kita...
 
 
 
 
Kembali ke Berita
Kembali ke Depan
 
 
 Statistik Situs
 
Menu Utama Terbagi: [ 65 ] / Jumlah Artikel Dalam Kategori Info: [ 314 ]
Jumlah penyelia lokal terdaftar: [ 2041 ]
Total Pengunjung: [ 19712411 ] /  Pemakai online:  1  / informasi lanjut
 
 
 
 
Pemprov KaltengLama membuka halaman : [0,188477] detik
Gunakan Internet Explorer 6.0, Mozilla Firefox 1.5.0.7!
:: Manual :: Email Administrator ::