Pada hari Kamis tanggal 7 Maret 2013 yang lalu bertempat di Kantor Bersama Samsat Palangka Raya Jalan RTA Milono KM. 5,5 Palangka Raya telah dilaksanakan acara Peluncuran (Launching) pengoperasionalan Aplikasi Samsat OnLine dan Mobil Samsat Keliling secara Online di Kalimantan Tengah oleh Bapak Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dilanjutkan dengan simulasi layanan Samsat OnLine dan layanan Mobil Samsat Keliling.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Jaya Saputra Silam, MM dalam laporannya menyatakan bahwa latar belakang mengapa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membangun Samsat OnLine dan Samsat Keliling adalah karena Kalimantan Tengah memiliki  wilayah yang sangat luas yaitu mencapai + 153.564 km², atau merupakan Provinsi terluas ke 3 di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Kalimantan Timur. Disisi lain keberadaan kendaraan bermotor (Wajib Pajak) tidak berada pada satu wilayah kerja UPTPPD/SAMSAT, melainkan berada dibeberapa tempat wilayah kerja UPTPPD/Samsat lainnya yang jarak tempuhnya memerlukan waktu serta biaya yang tinggi, tidak sesuai dengan besaran pajak yang harus dibayarkan. Lebih lanjut Drs. H. Jaya Saputra Silam, MM menyampaikan bahwa Sistem Aplikasi Samsat serta DataBase pada masing-masing UPTPPD/Samsat masih berbeda dan sebagian UPTPPD masih menggunakan manual system. Dari kondisi tersebut, maka selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Daerah, sedangkan maksud dan tujuan pelaksanaan Launching ini menurut Drs. H. Jaya Saputra Silam, MM adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat luas tentang pengoperasionalan pelayanan Samsat OnLine serta pelayanan Mobil Samsat Keliling di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ir. Achmad Diran mengharapkan agar pemerintah daerah harus seoptimal mungkin mendayagunakan potensi teknologi informasi bagi kepentingan layanan publik, hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang Pelayanan Publik serta Keterbukaan Informasi yang diatur dalam Undang-Undang  Nomor 14 Tahun 2008. Kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, terutama para pengguna kendaraan bermotor untuk terus memanfaatkan layanan SAMSAT yang kini semakin dekat dengan kehidupan sosial masyarakat. Dengan kemudahan yang ada ini, Saya berharap kiranya kesadaran masyarakat untuk melakukan kewajibannya dalam melakukan daftar ulang tahunan, akan semakin meningkat pula. Bayarlah pajak anda tepat waktu, pelunasan pajak yang cepat  dan tepat waktu sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, khususnya di Bumi Tambun Bungai yang kita cintai ini, karena hasil pembayaran pajak itu akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Gubernur juga menghimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar segera melakukan balik nama kendaraan bermotor atas nama pribadi, hal ini akan bermanfaat untuk tertib administrasi kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah Kalimantan Tengah, mengingat sejak tanggal 1 Januari 2012 yang lalu, Pemerintah Daerah telah memberlakukan pengenaan Pajak Progresif untuk kepemilikan kendaraan bermotor pribadi kedua dan seterusnya untuk kendaraan roda 4 (empat) atau lebih, sesuai ketentuan Perda Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 7 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

Dengan ketersediaan fasilitas SAMSAT Online dan SAMSAT Keliling ini, diharapkan akan semakin meningkatkan koordinasi, sinergitas dan kerjasama sekaligus memantapkan komitmen kita semua, baik Polda Kalimantan Tengah, PT. Jasa Raharja dan Dispenda Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah dan yang utama demi kesejahteraan rakyat.

Pada akhir sambutannya Gubernur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mudah-mudahan dengan adanya upaya peningkatan pelayanan SAMSAT ini dapat menjawab tuntutan masyarakat  akan fasilitas pelayanan publik, peningkatan pelayanan dan percepatan pelayanan publik yang memadai.

Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

Login Mendaftar Manual