Gubernur Kalimantan Tengah tanggal 08 April 2013 memimpin Apel Besar Pegawai Negeri Sipil lingkup Provinsi Kalimantan Tengah dihalaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, antara lain menyampaikan cara Mengatasi Kesulitan Penerbangan CJH (Calon Jemaah Haji) asal Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bahwa selama ini CJH asal Provinsi Kalteng harus melakukan penerbangan transit ke embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), maupun Embarkasi Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang memakan waktu terlalu lama dan sangat melelahkan, disamping biaya juga bertambah besar.

CJH asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sukamara dan Lamandau yang sebelumnya harus melalui embarkasi Solo akan terbang dari Palangka Raya ke Banjarmasin. Sedangkan untuk Kota Palangka Raya dan Kabupaten di kawasan Daerah Aliran Sungai Barito yang sebelumnya dikumpulkan di Banjarmasin, akan dihimpun di Palangka Raya dan diberangkatkan dari Bandara Tjilik Riwut.

Kondisi ini amat membantu embarkasi dan debarkasi CJH termasuk pengurusan dokumen-dokumen, juga memperlancar penerbangan dengan menggandeng maskapai Garuda untuk membantu melayani trayek Palangka Raya – Banjarmasin tidak melalui jalan darat.

CJH asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sukamara dan Lamandau yang sebelumnya harus melalui embarkasi Solo akan terbang dari Palangka Raya ke Banjarmasin, kemudian langsung ke Jeddah.

Bahwa sejak lama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menjadikan Bandara Tjilik Riwut sebagai bandara embarkasi CJH Kalteng yaitu diajukan kepada Menteri Agama RI, bahkan sempat di bangun beberapa fasilitas penunjang di lingkup Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Akhirnya, Menteri Agama menyetujui sejak tahun 2013 ini adalah Bandara Tjilik Riwut sebagai Bandara Embarkasi Antara.



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

Login Mendaftar Manual

pusbindiklatren