KABUPATEN MURUNG RAYA

 

 

Sekilas

 

KABUPATEN MURUNG RAYA

Kabupaten Murung Raya dengan bentuk peta seperti kepala "Beruang" bagian Ujung dari Propinsi Kalimantan Tengah berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Sebagian Sungai Busang yang identik dengan hebohnya cerita "emas" Busang di Kalimantan Timur alirannya berada di Kabupaten ini. Mengenai luas lahan, maka Kabupaten ini adalah Kabupaten terluas di Kalteng, sebagian lahan wilayahnya masih misterius dan amat kurang dipahami karena keterpencilannya di jantung Pulau Kalimantan.

Murung Raya yang masih dominan hutan hujan tropis perawannya, masih merupakan wilayah alami dengan jumlah permukiman yang amat sedikit dibandingkan Kabupaten lainnya di Kalteng. Namun daerah ini telah diketahui mempunyai potensi besar dalam hal sumberdaya alam. Tambang Batubara pertama yang berproduksi di Kalteng berada di daerah ini.

Pada tahun 1961, PBB menugaskan Jepang (JICA) melakukan studi hydro power electric generator di wilayah Laung Tuhup dan Muara Joloi yang diketahui akan mampu memberikan daya listrik yang cukup untuk keseluruhan Pulau Borneo, bahkan ke wilayah lainnya. Berdasarkan hasil studi itu telah di buat pilot proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air di wilayah Kalimantan Selatan sebagai uji coba, yaitu di Riam Kanan. Pilot proyek ini sekarang sebagian besar berkembang dan mendukung kelisrikan daerah Kalsel-Kalteng. Proyek utama tersebut tidak dilanjutkan tahun 1965 karena instabilitas pemerintahan Indonesia saat itu. Tahun 1997 pernah di angkat kembali oleh Ketua Bappeda Tk. I Kalteng Drs. Lukas Tingkes ke Bappenas, namun karena adanya temuan baru tentang banyaknya potensi tambang di wilayah calon reservoir air / genangan daerah aliran sungai untuk hydro electric tersebut, maka rencana tersebut menjadi tidak feasibel.

Kabupaten Murung Raya dengan ibu kota Puruk Cahu seluas 23.700 km2 berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Barito Utara yang terdiri atas 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Sumber Barito, Laung Tuhup, Murung, Tanah Siang dan Permata Intan.

Pada tahun 1996 penduduk di Kecamatan Sumber Barito, Kecamatan Laung Tuhup, Kecamatan Murung, Kecamatan Tanah Siang, dan Kecamatan Permata Intan berjumlah 71.846 jiwa dan pada tahun 2000 berjumlah 81.563 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 2 % per tahun.

Masalah utama pembangunan Kabupaten ini adalah kurangnya infrastruktur dasar untuk memicu perkembangan sumberdaya manusia dan pengembangan wilayah yang ideal sesuai sumberdaya yang tersedia tersebut.

 

Situs Kabupaten
Situs Kabupaten Murung Raya  http://www.kabmurungraya.go.id
Peta Wilayah

Untuk peta berikut, agar dibesarkan (zoom) untuk dapat dlihat lebih jelas.

Peta Adminsitrasi / Desa-desa

Peta Penggunaan Lahan

 

Catatan

Dampak dari pemekaran Kabupaten, menyebabkan perubahan data statsitik Kabupaten menyeluruh. Saat ini iformasi Murung Raya terus ditingkatkan menyesuaikan dengan wilayah administrasi pemerintahan yang baru.