KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

 

 

Informasi Umum

 

Kabupaten Kotawaringin Timur bumi "Habaring Hurung" nan cantik dengan peta wilayah selayaknya "ikan duyung" seluas 16.796 km2 dengan ibu kota Sampit adalah Daerah Otonom, sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 27/1959 tentang Penetapan UU Darurat Nomor 3/1953 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

Kotawaringin Timur dengan ibu kota Sampit merupakan Kabupaten yang amat kaya. Hampir semua sumberdaya alam terdapat di Kabupaten ini. Seperti halnya Kota Kuala Kapuas, kota Sampit terbangun dari perdagangan tradisional melalui sungai dan laut.

Pada saat ini kekayaan Daerah ini bertambah dengan dibangunnya pelabuhan untuk pengangkutan minyak sawit di Bagendang. Produksi perkebunan kelapa sawit yang semakin meluas membutuhkan beragam infrastruktur utama dan penunjang, seperti perpabrikan, tenaga kerja, permukiman, jalan angkutan, dan lain-lainnya. Perairan lautnya menjanjikan hasil laut yang melimpah, sehingga banyak masuk nelayan liar asing yang melakukan eksploitasi kawasan laut Kabupaten ini.

Isu pemanfaatan sumberdaya alam yang masih kurang memberikan umpan balik bagi pembangunan Daerah ini menjadi amat penting. Dibutuhkan upaya lebih keras untuk memastikan hasil-hasil sumberdaya alam menjadi keuntungan bagi lingkungan dan masyarakat yang ada di daerah ini secara lestari.

Situs Kabupaten Kotawaringin Timur
Situs Kabupaten Kotawaringin Timur masih dalam tahap awal pengembangan dan informasinya masih sedang terus dikembangkan. Alamat aksesnya: http://www.kotim.go.id
Peta Wilayah

Untuk peta berikut, agar dibesarkan (zoom) untuk dapat dlihat lebih jelas.

Peta Adminsitrasi / Desa-desa

Peta Penggunaan Lahan

Catatan
Dampak dari pemekaran Kabupaten Kotawaringin Timur, menyebabkan perubahan data statsitik Kabupaten menyeluruh. Saat ini iformasi Kotim masih tersus ditingkatkan menyesuaikan dengan wilayah administrasi pemerintahan yang baru.